Wingko Tuban ?

WIngko Tuban ? Mengapa judul diatas dikasih tanda tanya? Karena saya sendiri menulisnya agak aneh dan mempertanyakan apakah wingko berasal dari Tuban. Sebenarnya wingko berasal dari Babat. Babat sendiri ada dua, Babat Semarang Jawa Tengah dan Babat Kabupaten Lamongan. Jadi mereka sama-sama mengklaim diri sebagai asal mula jajanan wingko berasal.

Kali ini saya tidak sedang membahas tentang asal mula dan aksi saling klaim asal muasal wingko (kayak Malaysia dengan Indonesia yang saling mengkalim kebudayaan daerahnya). Letak Geografis Tuban yang bersebelahan dengan Kabupaten Lamongan (sebelah Timur Tuban) secara otomatis berpengaruh pada persebaran jajanan wingki. Orang Tuban sendiri juga mahir membuat wingko dan rasanya tidak kalah enaknya. 

Jajanan Wingko tuban, kompisisinya dominan kelapa dan beras ketan. Didaerah saya ada banyak yang bisa membuat wingko dengan variasi rasa yang berbeda menurut resep mereka masing-masing. Wingko Tuban sangat cocok untuk dibuat oleh-oleh jika anda berasal dari luar kota, karena wingko ini tahan lama sampai dengan 3 hari. Wingko tidak akan ketinggalan jika ada hajatan, jajanan di dalamnya pasti ada wingkonya.




Wingko tuban maupun wingko babat memang enak dan sangat cocok untuk oleh-oleh. Banyak tersedia di toko-toko jajan di pasar.

Trending Topic Minggu Ini

 
▲ TOPO ▲