img-feed img-feed-email img-facebook img-twitter

Pilihan Wisata Religi di Tuban

Ada banyak pilihan wisata religi di Tuban yang masuk dalam daftar kunjungan ziarah wali songo. Pertama dan yang memilik garis Per-Wali-an adalah Makam Sunan Bonang. Makam Sunan Bonang terletak di kelurahan Kutorejo Kecamatan Tuban Kota, tepat nya di belakang Masjid Agung Tuban yang telah di rombak total tampilannya. Akses menuju lokasi sangat mudah. Jika anda menggunakan Mobil pribadi atau bus, maka anda harus parkir terlebih dahulu di depan pasar Tuban, tersedia parkir yang sangat luas. Kemudian anda bisa jalan atau naik becak yang siap mengantar ke tempat makam. Jaraknya sekitar 1 km. Jika menggunakan sepeda motor cukup di parkir di depan Masjid Agung. Jika menggunakan kendaraan umum, anda harus turun di alun-alun Tuban. Seperti makam-makam wali Allah yang lain, disekitar makam Sunan Bonang dikelilingi oleh banyak makam.

makam sunan bonang

Anda bisa sholat dan beristirahat di Masjid Agung Tuban yang merupakan peninggalan masa penyebaran Islam di Kota Tuban.Sunan bejagung bisa menjadi alternatif pilihan wisata religi Tuban kedua, karena jarak dengan Makam Sunan Bonang sekitar 5 km. Terletak di Desa Bejagung Kecamatan Semanding, sebelah selatan dari pusat Kota. Dari Perempatan "Kapur" sekitar 500 meter anda sudah sampai pada makam Sunan Bejagung. Sekitar 200 Meter dari Makam Sunan Bonang terdapat makam syekh Siti Jenar. Benar tidaknya makam tersebut hanya Allah yang Maha Tahu, karena Siti Jenar menurut cerita wafat dan di makamkan di area Masjid Agung Demak.

Ketiga, Anda bisa mengunjungi Kelenteng Kwan Sing Bio. Bangunan dengan dominan warna merah khas Tionghoa. Anda akan disambut patung kepiting besar digapura pintu masuk kelenteng. Terletak di dalam kota Tuban. Dihalaman belakang kelenteng terdapat bangunan seperti perkampungan di RRT. Serasa berada di negeri RRT sungguhan karena pengaturan design yang ciamik. Disediakan makanan bagi anda yang merasa lapar alias gratis. Banyak para pengamen, pedagang asongan dan pelancong yang makan gratis di belakang bangunan utama kelenteng Kwan Sing Bio. Konon katanya kelenteng ini mempunyai tuah karena bangunannya menghadap langsung kearah laut. Jarang di temui kelenteng yang menghadap ke laut. Ini juga termasuk pilihan wisata religi karena tiap hari tertentu banyak di kunjungi orang konghucu.

kwan sing bio tuban


Keempat, anda bisa menuju Desa Gesikharjo Kecamatan Palang, di situ ada makam Syekh Maulana Malik Ibrohim Asmoro Qondi. Makam ini ramai didatangi peziarah dari berbagai pelosok kecamatan di Tuban pada makam jum'at tertentu. 


Keempat tempat tersebut merupakan tujuan utama dan paling banyak dikunjungi oleh wisatawan atau peziarah. Sebenarnya masih ada banyak lagi makam-makam yang tersebar di seluruh pelosok Tuban. Seperti makam Gagak manik tundung musuh yang ada di pinggir pantai Desa Gesikharjo, Makam Mbah Jabar di Nglirip Kecamatan Singgahan, Sunan Gesing Di Desa Gesing dan masih banyak lagi yang tidak saya sebutkan.  
Ternyata begitu banyak Wali yang tersebar di Kota Tuban dan juga makam-makamnya belum sepenuhnya terdeteksi. Demikian informasi tentang pilihan wisata religi di Tuban , semoga bermanfaat.


0 komentar:

Trending Topic Minggu Ini

 
▲ TOPO ▲